CRM
(Customer Relationship Management)
CRM adalah
strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk
meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan
(customer satisfaction). Caranya adalah dengan membantu berbagai bentuk
perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih
banyak pelanggan dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya.
CRM adalah
serangkaian pendekatan dan sistem yang berbasis teknologi informasi (IT-Based
System) yang berguna untuk menjalin hubungan yang lebih erat dan tebuka serta
memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggannya
baik sebagai stakeholder maupun shareholder. Sedangkan tujuan utama dari CRM
adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang
melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis
terhadap kostumer, vendor, partner, dan proses informasi internal.
Sedangkan
fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing, training,
pengembangan professional, manajemen performa, human resource development, dan
kompensasi. Keseluruhan teknologi dan fungsi-fungsi yang melingkupi CRM
haruslah terintegrasi sebagai bagian tak terpisahkan strategi bisnis yang fokus
pada kostumer. Karena banyak dari perusahaan yang mengimplementasikan CRM namun
sayangnya hanya terbatas pada instalasi software CRM saja, tanpa adanya will
untuk meletakkan kostumer diatas segalanya.
Keuntungan
· Menjaga pelanggan yang sudah ada
· Menarik pelanggan baru
· Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
· Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card).
· Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
· Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
· Respon yang lebih cepat ke pelanggan
· Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
· Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang
· Menjaga pelanggan yang sudah ada
· Menarik pelanggan baru
· Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
· Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card).
· Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
· Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
· Respon yang lebih cepat ke pelanggan
· Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
· Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang
Kelemahan
· Kelebihan data pelanggan atau informasi tentang pelanggan tidak dikelola dengan benar sehingga bisa menyebabkan kegagalan proyek CRM.
· Tidak ada sistem CRM datang dimuat dengan informasi pelanggan.
· Implementasi CRM akan menyebabkan budaya perubahan dalam organisasi, terutama dikalangan staf.
· Kelebihan data pelanggan atau informasi tentang pelanggan tidak dikelola dengan benar sehingga bisa menyebabkan kegagalan proyek CRM.
· Tidak ada sistem CRM datang dimuat dengan informasi pelanggan.
· Implementasi CRM akan menyebabkan budaya perubahan dalam organisasi, terutama dikalangan staf.
ERP
(Enterprise Resource Planning)
ERP adalah
sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua
sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis
lengkap. ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan
fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer yang dapat melayani semua
kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau
keuangan.
Kelebihan :
1.
Integrasi antara area fungsional yang berbeda untuk meyakinkan komunikasi,
produktifitas dan efisiensi yang tepat.
2.
Rancangan Perekayasaan Pelacakan pemesanan dari penerimaan sampai fulfillment.
3.
Mengatur saling ketergantungan dari proses
4.
penagihan material yang kompleks
5.
Pelacakan 3 cara yang bersesuaian antara pemesanan pembelian, penerimaan
inventori, dan pembiayaan
6.
Akuntasi untuk keseluruhan tugas: melacak pemasukan, biaya dan keuntungan pada
level inti
kekurangan :
1.
Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP.
2.
Sistem ERP sangat mahal
3.
Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri
yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya
keuntungan kompetitif.
4.
ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan
proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi.
5.
Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan
6.
Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data
keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitif, jika
terdapat pembobolan sistem keamanan.
TITONICS FORD SMALL GAMES - TI
ReplyDeleteTITONICS FORD SMALL GAMES. Description: TITONICS FORD titanium hammers SMALL GAMES is a 2D puzzle adventure titanium nitride bolt carrier group game that was released on the Sega micro touch trimmer Genesis microtouch titanium trim walmart back in titanium trimmer as seen on tv 1995.
mg841 gabor scarpe donna,vionic italia,danner türkiye ,dannerschoenennederland,inov 8 trail runners ireland ,footjoy zapatos,timberlandoutlet,suprashoesireland,etnies shoes df554
ReplyDelete